Tunjangan Sertifikasi Dibayarkan Triwulan II PDF Print E-mail
Berita - BeritaUmum
Wednesday, 18 April 2012 03:42

Tunjangan Sertifikasi Dibayarkan Triwulan II

Tunjangan untuk guru sertifikasi di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sampai saat ini belum dibayarkan. Padahal, hak untuk para guru bersertifikat itu biasanya dibayarkan setiap triwulan atau tiga bulan sekali. Namun untuk tahun ini 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disipin PNS dari Januari-Maret belum juga cair. Sejumlah guru sertifikasi di Kobar belakangan menerima kabar bahwa tunjangan sertifikasi akan dibayarkan pada triwulan kedua nanti, dan pencairannya pun tidak dibayarkan penuh enam bulan.

“Kami dengar tidak dibayar full. Dan cairnya nanti di triwulan kedua. Mungkin hanya lima bulan saja yang dibayar,” ungkap seorang guru sertifikasi di Kabupaten Kobar baru-baru ini. Namun ia memilih bungkam ketika ditanya tanggapanya, dan disinggung apakah hal itu juga terjadi di daerah lain atau hanya di Kobar. “Saya tidak tahu. Coba tanya dengan guru yang lain, atau ke dinas langsung,” ucapnya singkat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelola Keiangan Daerah (DPKD) Kabupaten Kobar Muhammad Fauzi melalui Kasi Perbendaharaan dan Belanja Pegawai Kardjinto membenarkan bahwa tunjangan sertifikasi untuk guru-guru bersertifikasi akan dibayarkan pada triwulan kedua nanti. Alasannya, anggaran tidak mencukupi dan menunggu dana untuk triwulan 2 ditransfer dari pemerintahan pusat.

Bahkan, Karjinto juga tidak menyangkal bahwa diperkirakan pembayaran tunjangan sertifikasi tahun ini akan mengalami kekurangan seperti tahun-tahun sebelumnya. “Bahkan bisa dua bulan kekurangannya, karena usulan dana sertifikasi yang diajukan disdikpora mengalami kekurangan yang disebabkan oleh penambahan jumlah guru sertifikasi pada tahun ini. Kalau untuk tambahan penghasilan bagi guru (tunjangan non sertifikasi) tidak masalah, sudah dicairkan tiga bulan,” timpal Kardjinto.

Disinggung perihal pembayaran kekurangan tunjangan sertifikasi pada 2010 dan 2011, yang masing-masing kurang satu bulan, menurut Kardjinto, yang satu bulan untuk tahun 2010 sudah diubayarkan awal bulan lalu. “Untuk kekurangan yang tahun 2011 belum dibayar. Menunggu rekonsiliasi tahun 2013 baru bisa dibayar,” tutupnya. (Sumber Radar Sampit, 18 April 2012)

 

Comments  

 
0 #7 Wellem Yordan L 2012-10-19 04:26
TPG Dana Sergur sudah dicairkan triwulan ke 3 untuk bulan Juli; Agustus; dan September 2012 diterima tgl 18 Oktober 2012 yaitu dibayar 2 bulan full + 1 bulan 60 Persen (%) sedangkan sisanya 40 % belum jelas kemana raibnya ? Ini Khusus Kabupaten Tanah Bumbu (KalSel). Katanya Pusat yang kurang dananya mengirimkan ke daerh. Pasti yang Jelas Pemerintah Daerah Tidak mau transpran. Mohon TIM KPK Pusat mengaditnya kelapangan langsung.
Quote
 
 
+1 #6 Wellem Yordan L 2012-07-06 09:57
Agar tidak tunggu-menunggu, curiga-mencurigai , Sebaiknya Tunjangan Sertifikasi Guru dibayar bersamaan dengan Gaji/bulan.
Quote
 
 
0 #5 Wellem Yordan L 2012-07-06 09:48
Tunjangan Sertifikasi Guru setiap triwulan pasti terlambat pembayarannya molor samapai 2- 3 bulan, dan juga pasti kurang terus ( cuma 2 Bulan)
USUL : Bagai mana TPG itu langung dibayar bersamaan gaji aja setiap bulan ?
Quote
 
 
0 #4 Wellem Yordan L 2012-07-06 09:40
Kami tidak Tahu secara pasti, yang kekurangan dana pembayaran Tunjangan Sertifikasi Guru itu apakh Pemerintah Pusat atau di Daerah ? tapi yg jelas setiap pencairan pasti kurang (seharusnya 3 bulan, cuma dibayar 2 bulan saja ) sisanya rafel). Padahal Laporan peserta penerima TPG Lengkap per kabupaten ke Provinsi - trus Pemerintah Pusat, Mengapa ? Telusuri Kasusnya !
Quote
 
 
+1 #3 Kebumen 49 2012-06-30 19:23
biasa....bahkan sangat sangat biasa, guru selalu dibodohi. Beritanya kemana-mana, ributnya kemana-mana kalau guru dapat gaji dobel, tapi nyatanya....PNS lain yang mendapat tunjangan lebih besar berlipat-lipat dari gaji pokok. Ah...nasib-nasib,....
Quote
 
 
+1 #2 micky 2012-04-25 00:15
seluruh indonesia, ini mak saya di jawa timur juga belon dapat triwulan pertama. padahal mak saya mau bayar kuliah saya nih :( mau ngaduu ntar dikira gmana? pemerintah maunya bener terus, soalnya kalo dikasih saran ngeless terus.. betul ga? (y) terancam engga kuliah nihh :(
Quote
 
 
+1 #1 umi 2012-04-23 17:43
Guru mah dibohongi melulu, Apalagi kalau masalah uang ada saja alasan untuk menunda pencairan
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh